• siska99 9w

    Pahamilah Al-Qur'an secara Mendalam

    Dari kecil kita sangat ditekankan untuk selalu mengaji, dan mengaji itu adalah belajar Al-Quran. Sayangnya, kita tidak diajarkan untuk MEMAHAMI kandungan yang ada dalam Al-Qur'an. Penekanan "mengaji" hanya sebatas bahwa kita harus bisa dan lancar membaca Al-Qur'an, serta menghapalkan surah-surah pendek semata.
    .
    Sejak kecil dikatakan bahwa Al-Qur'an adalah mukjizat. Dulu saya sering bertanya-tanya dalam hati mukjizat Al-Qur'an itu seperti apa, dan jawaban itu tidak pernah saya temukan sampai akhirnya saya beranjak dewasa dan menemukan sendiri jawabannya. Saya hafal banyak surah-surah pendek dari kecil, tapi tidak ada satupun surah yang saya pahami isinya dan manfaatnya bagi kehidupan sehari-hari. Baru ketika saya dewasa dan melakukan pencarian, akhirnya saya pelan-pelan menemukan mukjizat Al-Qur'an.
    .
    Dan fenomena ini masih tetap berjalan hingga hari ini. Semakin banyak metoda-metoda untuk cepat belajar membaca dan menghafal Al-Qur'an, tetapi masih jarang yang menekankan untuk memahami dan menjadikan Al-Qur'an sebagai tuntunan hidup sehari-hari. Banyak anak-anak kecil yang sudah lancar membaca bahkan menjadi penghafal Al-Qur'an, dan saya salut akan hal itu, tetapi alangkah baiknya jika ditambahkan ilmu untuk MEMAHAMI isi kandungan Al-Qur'an.
    .
    Kita tidak diberi Al-Qur'an supaya bisa belajar tajwid, membaca dan mendengarkannya dalam CD di mobil, bukan untuk itu saja. Namun, segala sesuatu yang berkaitan dengan hubungan kita dan Al-Qur'an, akan kembali ke fundamentalnya yakni: MEMAHAMI AL-QUR'AN. Jika kita ingin mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, pahamilah FILOSOFI atau KONSEP atau FUNDAMENTAL yang diajarkan beliau.
    .
    Mulai sekarang mari kita membaca Al-Qur'an dan berusaha memahaminya. Ada saat ketika Anda memiliki masalah, kemudian Anda membuka Al-Qur'an dan ternyata solusi atau jawaban permasalahan Anda ada disitu, saya jamin Anda akan menangis ketika menemui dan merasakannya. Pada saat itulah Anda akan menyadari bahwa Al-Qur'an benar-benar sebuah mukjizat.
    .
    Mari mendidik anak-anak kita untuk tidak hanya sekedar belajar MEMBACA dan MENGHAPAL saja. Tetapi juga belajar bagaimana MEMAHAMI Al-Qur'an dan menjadikan Al-Qur'an sebagai pedoman hidup sehari-hari, benar-benar meresap di hati sanubari. Allahu a'lam bish-showaab.
    .
    @SDP'99